Renaissance

Renaissance

Sebelum zaman Renaissance dimulai Eropa berada pada zaman pertengahan (The Middle Age) atau disebut juga masa kegelapan (The Dark Age). Hal ini disebabkan dominasi gereja sangat kuat disegala aspek kehidupan. Zaman Rennaisance disebut juga zaman peralihan dari zaman kegelapan (aufgabe) abad ke 4 – 15 ke zaman pencerahan (aufklarung) abad ke 16 – sekarang.

a.       Ciri-Ciri Abad Pertengahan (Middle Age)

1.      Dominasi Gereja

2.      IPTEK tidak berkembang

3.      Sistem feodalisme

4.      Kebudayaan Romawi dan Yunani kuno mati suri

5.      Pada masa dominasi gereja bersifat keakhiratan (Scholastik) dan manusia dikatakan sebagai orang yang berziarah di dunia ini (viator mundi), atau slogan utamanya adalah ingatlah hari kematian (momento mori)

b.      Faktor Renaissance Muncul di Italia

1.      Munculnya kaum borjuis

2.      Runtuhnya Kontatinopel

3.      Italia pusat peradaban Romawi kuno

4.      Munculnya golongan humanis

c.       Tokoh-Tokoh Renaissance

1.      Paus Julius IIdanPaus Leo X

Pimpinan Gereja Katolik Roma yang menetang dogma-dogma gereja dan menjadi pelindung gerakan Renaissance di ItaliaKeluarga MediciKeluaga Medici merupakan keluarga kaya di Florence, Italia. Keluarga Medici juga membiayai dan mendorong gerakan pembaharuan di ItaliaMichaelangelo Bunarotti Michaelangelo adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek pada zaman Renaissance Leonardo Da VinciDa Vinci merupakan arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis pada masa Renaissance Nicolaus Copernicus Copernicus memperkenalkan teori tata surya yang menyebutkan bahwa matahari sebagai pusat tata surya (heliosentris).

2.      Galileo Galilei

Galileo Galilei adalah seorang ilmuanTartagliaDanCardanTartaglia orang pertama yang menggunakan konsep matematika dalam militer, sedangkan Cardan berusaha menguraikan persamaan ganda tigaWilliam HarveySeorang ilmuan yang telah memberi sumbangan dalam kajian peredaran darahWilliam ShakespeareMerupakan seorang sastrawan dan pujanggaJohannes GutenbergMerupakan tokoh yang memperkenalkan mesin cetak pertama.

d.      Dampak Renaissance Positif Negatif

     Kesusastraan dan bahasa eropa klasik berkembang di EropaKesenian berkembang bebasTimbulnya kebebasan berpikir Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Berkembangnya paham sekulerisme Penjelajahan samudera Berkembangnya perdagangan Positif Karya-karya besar Eropa pertengahan dipandang rendah seperti ajaran Scholastik dan kebudayaan Gothik Individualistik Penghormatan pada ajaran Gereja berkurang Berkembangnya NudismeNegatif

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangan politik dan ekonomi Indonesia awal kemerdekaan (1945-1965)

Kuntowijoyo: Pengantar Ilmu Sejarah (Review)

PENDIDIKAN GURU PADA MASA AWAL KEMERDEKAAN 1945-1950an