Abad Pencerahan


Abad Pencerahan

Abad pencerahan atau zaman pencerahan (age of enlightenment) adalah suatu masa disekitar abad ke 18 di Eropa yang diketahui memiliki semangat revisi atas kepercayaan kepercayaan tradisional, memisahkan pengaruh keagamaan dari pemerintahan. masyarakat mulai menyadari pentingnya diskusi dan pemikiran ilmiah. Ideologi sekularisme menjadi dasar tonggak peradaban maju Eropa.

a.     DEFINISI

Aufklarung di latar belakangi revolusi ilmiah, yaitu perkembangan dalam ilmu pengetahuan dimana metode ilmiah menjadi landasan dalam merumuskan persoalan dan solusi. Metode ilmiah ini menggunakan hipotesis, eksperimen (percobaan) dan observasi (pengamatan). ilmuwan yang karya nya melandasi aufklarung misalnya Isaac Newton (1643-1727). Metode ilmiah ini menggantikan pendekatan ilmiah sebelumnya yang berdasarkan kepercayaan atau tradisi.

b.     LATAR BELAKANG

PROSES TERJADINYA

1.     Aufklarung di Inggris : Gejala aufklarung di Inggris adalah Deisme. Deisme adalah mengakui adanya Allah sebagai pencipta dunia ini, tetapi setelah penciptaan dunia, tuhan tidak campur tangan sama sekali. Paham ini merupakan aliran dalam filsafat yang menggabungkan diri dengan dengan gagasan Eduard Herbert dari Cherburry. Tokoh : Francis Bacon, John Locke, dan Isaac Newton.

2.     Aufklarung di Jerman : Pengaruh aufklarung di Eropa menyebabkan terjadinya "politik etis", sebuah kebijakan yang diterapkan oleh pemerinthan kolonial Belanda di Indonesia. Tokoh: Jean-jacques Rousseau dan Voltaire.

c.     TUJUAN AUFKLARUNG

Tujuan aufklarung adalah mencari kebenaran berdasarkan pendekatan ilmiah.

d.     KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Immanuel Kant lahir pada masa ketika dunia telah melahirkan banyak ilmuwan pada masa menjelang munculnya optimisme. Pencerahan memicu lahirnya banyak kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Disini dapat disebut beberapa diantara mereka yaitu Francis Bacon, Thomas Hobbes, John Locke, Isaac Newton, dan Jean-Jacques Rousseau.

e.     DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF AUFKLARUNG

1.     Positif : Ilmu pengetahuan berkembang pesat. Perkembangan ini misalnya adalah penemuan unsur-unsur oleh Ilmuwan Prancis, Antoine Lavoisier (1743-1794), penyusunan ensiklopedia ilmiah seperti encyiclopaedia Britannica, serta dipublikasikannya sistem taksonomi oleh Carolus Linaeus (1707-1778).

2.     Negatif : Luruhnya pengaruh agama di Eropa seiring dengan melemahnya pengaruh Gereja Katolik Roma. Para filosof di negri ini mengagungkan akal (reason) dan menganggap bahwa pengaruh gereja berdampak negatif terhadap masyarakat.

 

f.      Kemajuan Ilmu Pengetahuan

a.       Muncul ilmuan-ilmuan terkemuka di Eropa

b.      Minat terhadap ilmu pengetahuan tinggi

Minat penguasa mendorong kemajuan       ilmu pengetahuan . terbukti dari keberhasilan berbagai eksperimen .

c.       Kemajuan Teknologi

·         Denis Pepin pertama kali membuat mesin uap

·         James Watt dari Skotlandia menciptakan mesin uap

Inggris menyempurnakan teknik peleburan besi , memperkalkan tanaman pakan dalam siklus budidaya pertanian

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangan politik dan ekonomi Indonesia awal kemerdekaan (1945-1965)

Kuntowijoyo: Pengantar Ilmu Sejarah (Review)

PENDIDIKAN GURU PADA MASA AWAL KEMERDEKAAN 1945-1950an